Pengembangan Media Puzzle Alphabet Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SDN Kotapinang
Keywords:
Media Puzzle Alphabet, Kesulitan MembacaAbstract
Pemakaian media pembelajaran menjadi salah satu alat untuk membantu pendidik dalam mencapai tujuan pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle alphabet yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa-siswi kelas II SDN 07 Kotapinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan mengikuti alur ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli yang tediri dari 2 dosen dan 1 guru kelas, serta 12 orang siswa kelas II SDN 07 Kotapinang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket (kuesioner) dengan teknik analisis data adalah teknik deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menujukkan bahwa media puzzle alphabet setelah divalidasi oleh ahli materi mendapatkan nilai persentasi 93,75% dan ahli media mendapatkan nilai persentase 90,38% dikategorikan sangat valid dan layak digunakan untuk peserta didik. Dari hasil angket respon pendidik mendapatkan nilai persentase 97,5% dan hasil angket peserta didik mendapatkan nilai persentasi 89,16%. Serta dari aspek penilaian observasi kemampuan membaca peserta didik mendapatkan nilai persentase 87,16%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media puzzle alphabet untuk mengatasi kesulian membaca siswa kelas II SDN 07 Kotapinang dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif.